Tuesday, March 27, 2007

Keamanan Kerja dan Loyalitas?

Happy Tuesday!


Salah satu motivasi kita bekerja adalah alasan Keamanan khususnya dalam masalah penghasilan yang memiliki dampak yang sangat panjang dalam kehidupan kita. Bagi mereka yang masih sendiri (belum berkeluarga) penghasilan bukan hal yang mutlak karena beban yang ditanggung hanya diri sendiri, terlebih lagi apabila mereka masih numpang tinggal dengan orang tua. Hal ini akan sangat berbeda buat mereka yang telah berkeluarga, keamanan dalam bekerja menjadi prioritas utama karena berdampak sangat besar terhadap kehidupan mereka dan keluarga yang menjadi beban tanggung jawabnya.
Untuk mencapai keamanan dalam bekerja selama ini yang terbersit di benak kita adalah bahwa kita harus memiliki loyalitas yang tinggi. Dari berbagai buku yang saya baca serta dari pengalaman banyak orang yang sukses ternyata sangat berbeda dengan persepsi kita selama ini tentang keamanan kerja dan loyalitas.
1. Keamanan Kerja
Seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa keamanan menjadi salah satu motivasi dalam dalam bekerja. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kita bisa menciptakan keamanan kerja di tengah persaingan yang begitu ketat. Jawabannya terletak di tangan kita sendiri. Orang-orang yang tidakbegitu memahami hal ini akan melakukan berbagai cara yang tidak layak untuk dilakukan, misalnya berusaha mati-matian untuk mendekati si bos/atasan mereka (cari muka). Keamanan kerja akan kita peroleh apabila kita melakukan yang terbaik dari apa yang kita miliki untuk menjalankan kewajiban kita sebagai karyawan, bahkan terbaik saja kadang-kadang belum cukup. Orang-orang yang sukses menyarankan agar kita berusaha memberikan nilai lebih terhadap pekerjaan yang kita lakukan. Melakukan yang terbaik berarti juga kita harus sepenuh hati (all out) terhadap pekerjaan kita. Kalau kita setengah hati otomatis hasil dari pekerjaan yang kita lakukan juga setengah, dan hal ini akan terlihat dengan sangat jelas dimata atasan kita. Jadi kalau kita ingin mendapatkan keamanan kerja dalam jangka panjang sangat tergantung kepada kualitas diri kita terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita, jadilah yang terbaik dengan bekerja sepenuh hati maka keamanan kerja akan menjadi milik kita. Cara-cara yang tidak lazim seperti contoh diatas akan berhasil dalam jangka waktu singkat dan hanya akan memperlihatkan betapa kita tidak memiliki kualitas yang seharusnya. Zig Ziglar dalam bukunya 'Over The Top' menyampaikan rumus berikut :
Sepenuh hati + Integritas + Kejujuran + Nilai Lebih = Keamanan Kerja
2. Loyalitas
Dalam dunia kerja, kata loyalitas sering sekali terdengar di telinga kita dan dijadikan salah satu senjata dalam penilaian kinerja karyawan. Loyalitas berasal dari bahasa inggris 'loyal' yang artinya setia. Dan loyalitas ini biasanya diukur dengan berapa lama kita bekerja. Apabila kita telah bekerja cukup lama misalnya 5 tahun lebih maka komentar yang keluar adalah "wah, loyal banget sih kita". Pemahaman tentang loyalitas yang hanya didasarkan terhadap masa kerja kita merupakan pemahaman yang kurang pas. Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang tidak mau pindah kerja, bisa jadi karena merasa nyaman (comfort zone), tidak bisa mendapatkan pekerjaan baru karena kurangnya kualitas diri (tidak PD), faktor usia, dll. Banyak sekali para atasan/bos dengan bangga memberikan penghargaan kepada mereka yang telah bekerja dengan masa kerja tertentu (3, 5, 7, 10 bahkan 20 tahun) karena menganggap bahwa mereka ini loyal terhadap perusahaan. Loyal terhadap perusahaan?........ Ya mereka loyal terhadap perusahaan dengan syarat : selama gaji dibayarkan penuh dan tepat waktu plus kenaikan gaji per tahun, bonus, uang lembur, fasilitas, penghargaan dan masih banyak lagi. Jadi kesimpulannya dalah 'Tidak ada yang namanya LOYAL kepada PERUSAHAAN, yang ada adalah LOYAL terhadapDIRI SENDIRI". Kita tidak mungkin mau diminta bekerja 8 jam sehari tanpa di gaji sepeserpun (kecuali kita anak konglomerat yang tidak punya aktifitas). Itulah mengapa sering terjadi demo karyawan, bahkan ada beberapa perusahaan yang karyawannya melakukan eksodus atau istilah kita bedhol desa (pindah kerja rame-rame) di Indonesia hal ini pernah terjadi pada perusahaan asuransi besar Allianz yang hampir 60% karyawan dari level agent sampai managerial pindah ke Sequislife awal tahun 2005. Di Amerika eksodus dialami oleh perusahaan raksasa Microsoft yang 20% managernya pindah ke pesaingnya.
Nah, itulah kenyataan yang sudah seharusnya kita sadari bahwa Keamanan Kerja = 100% di Tangan Kita dan Loyalitas Kerja = Loyal terhadap DIRI SENDIRI.
Semoga Bermanfaat.....
EdySantoso (trainer&motivator tgfnusantara)

1 comment:

Alat Pemadam Api Super Cepat said...

Nice Artikel

dari Sos Hartindo | http://www.soshartindo.com | 031 70000 505

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.