Tuesday, March 20, 2007

Jam Emas Ayah



Happy Tuesday!

Suatu hari pada sebuah keluarga sedang berkumpul seorang Ayah yang sudah lanjut usia bersama dengan tiga (3) anak laki-laki nya yang telah dewasa. Hari itu bertepatan dengan hari ulang tahun anaknya yang paling kecil (bungsu). Sang Ayah sengaja mengumpulkan mereka pada hari itu karena ia ingin mewariskan sebuah jam emas kuno yang sangat berharga yang telah ia dapatkan secara turun temurun dari ayah, kakek dan buyut.

Pada usianya yang lanjut, ia berpikir inilah saat yang tepat untuk mewariskan jam emas tersebut. Dalam hati kecilnya, ia bermaksud memberikan jam emas kuno tersebut sebagai hadiah ulang tahun buat si bungsu. Tetapi bagaimana dengan kedua kakaknya?, pasti akan berpikir sangat tidak adil. Pada malam sebelumnya sang ayah telah memikirkan sebuah cara untuk mewariskan jam emas kuno tersebut. Sang ayah berkata " Anak-anakku yang sangat ayah cintai, hari ini akan aku wariskan kepada salah seorang dari kalian sebuah jam emas kuno kesayanganku yang sangat berharga yang merupakan warisan dari ayahku dan ayahku mendapatkan dari kakekku dan seterusnya, tetapi karena jam kuno ini hanya ada satu dan kalian bertiga, rasanya tidak adil kalo aku memberikannya begitu saja,... Nah, ayah telah meletakkan jam emas kuno tersebut di dalam lumbung padi diantara tumpukan jerami, bagi siapa yang bisa menemukan jam emas kuno tersebut dalam waktu satu (1) jam maka ia berhak mewarisinya."

Setelah sang ayah berkata demikian, maka berangkatlah anak sulungnya ke lumbung padi. Dengan semangat menggebu-gebu ia mulai mencari jam emas kuno sang ayah, dengan menggunakan sekop ia mengaduk-aduk tumpukan jerami, satu jam telah berlalu dan ia pun belum menemukan jam emas kuno tersebut, dan akhirnya dengan sangat kecewa ia menyerah. Kemudian anak laki-laki ke dua pun mulai berangkat ke lumbung padi. Dengan langkah yang berat dan terus bergumam " Ah...ayah ini ada-ada aja, bikin kerjaan orang....dan seterusnya..." Ia mulai mencari jam emas kuno tersebut dengan malas-malasan, ia ambil beberapa jerami lalu ia lempar dan seterusnya sampai satu jam berlalu ia masih belum menemukannya juga. Akhirnya ia menghadap sang ayah dan berkata " Kenapa sih harus susah payah untuk sebuah jam emas kuno saja...huh!" Sang ayah hanya tersenyum.

Setelah itu, si bungsu dengan sangat tenang segera berangkat ke lumbung padi. Beberapa menit kemudian ternyata si bungsu telah kembali dengan membawa sebuah jam emas kuno. Dengan muka berseri ia menunjukkan kepada sang ayah dan kedua kakaknya. Kedua kakaknya dengan muka penuh curiga bertanya kepada si bungsu " Dik, apa yang kamu lakukan sehingga dalam waktu hanya beberapa menit saja kamu telah berhasil menemukan jam emas kuno ayah, sedangkan kami saja sampai satu jam lebih tidak berhasil. Si bungsu pun tersenyum dan menjawab "Aku hanya duduk diam dan mencoba berkonsentrasi untuk mendengarkan detak jarum jam emas kuno ayah, dengan demikian aku bisa tahu persis dimana letak jam emas kuno ayah tersebut..." Kemudian sang ayah pun mendekati si bungsu dan berkata : " Anakku... jam emas kuno ayah kini menjadi milikmu dan memang kamulah yang berhak mewarisinya.... Selamat Ulang Tahun Anakku...!"

Filosofi dari cerita tersebut : Dalam melaksanakan suatu pekerjaan/tugas apabila dilakukan dengan kesungguhan hati, ketenangan/kesabaran, perencanaan serta mencoba melakukan analisa atas pekerjaan/tugas yang diberikan tersebut maka akan dapat diselesaikan dengan baik. Sebaliknya apabila dilakukan dengan serba terburu-buru, setengah hati, emosional, tanpa perencanaan maka bisa dipastikan hasilnya adalah kekecewaan (gagal).

Oh ya, cerita ini saya peroleh beberapa waktu lalu dari radio Smart FM 95,9... sekitar jam 7 am sambil nyetir...ya lumayan lah... ilmu gratis...daripada udah kena macet yang didengerin berita soal macet juga...bete deh... Semoga Bermanfaat...

EdySantoso (trainer&motivator tgfnusantara)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.