Friday, March 16, 2007

You CAN NOT CONTROL "THE WIND" but YOU CAN CONTROL "THE SAIL"


Free Friday!
"You can not control the WIND, but You can control the SAIL" merupakan ungkapan yang sangat sesuai dalam kehidupan nyata. Pengertian dari uangkapan tersebut adalah bahwa kita tidak akan pernah bisa mengendalikan HASIL kerja kita seperti apa nantinya tetapi kita bisa mengendalikan AKTIFITAS/PROSES. Dalam masyarakat kita sendiri juga ada ungkapan yang mengatakan bahwa kita hanya bisa BERUSAHA tetapi KEPUTUSAN ada di tangan TUHAN.
Sebagian besar dari kita hanya melihat hasil, sering muncul pernyataan : " Yang PENTING kan HASILnya, soal kerjanya seperti apa itu sih perkara gampang...". Memang benar tujuan kerja adalah HASIL tetapi kita harus ingat bahwa HASIL datang kalau kita BEKERJA (menjalankan PROSES).
Satu contoh kasus mengenai fenomena kesuksesan pelawak TUKUL, banyak orang melihat bahwa sekarang Tukul HEBAT, BRILLIANT, BERKELAS, LUAR BIASA (memang di luar kebiasaan pelawak lain), dan masih banyak lagi pujian lainnya. Tetapi setelah ia diwawancara, kita baru mengetahui dan menyadari bahwa untuk mendapatkan HASIL (SUKSES) seperti sekarang, ia sudah melewati suatu PROSES panjang yang penuh cobaan, air mata, keringat, caci maki, kemiskinan, dll yang kesemuanya ia jalani dengan penuh kesabaran, kejujuran, dedikasi tinggi, pantang menyerah, kreatifitas, kemauan untuk terus belajar dan masih banyak lagi kualitas lain yang ia miliki dalam meraih kesuksesan. Satu contoh kasus ini telah membuktikan bahwa HASIL (SUKSES) tidak datang dengan sendirinya tetapi harus DIPERJUANGKAN (PROSES).
Dalam dunia marketing, PROSES kerja ini telah dirumuskan dalam suatu sistem yang mempermudah kita dalam menjalankan setiap tahap yang harus kita lakukan serta dalam melakukan evaluasi/review, dimana sistem ini disebut dengan "SALES CYCLE". Dalam Sales Cycle kita ditunjukkan step by step process secara cermat dan detail untuk pencapaian hasil yang maksimal. Dan Sales Cycle ini merupakan hal dasar (FUNDAMENTAL) yang menjadi pedoman bagi para marketer (akan kita bahas dalam artikel berikutnya). Bahkan dalam Sales Cycle, HASIL merupakan salah satu bagian dari proses itu sendiri. Proses dalam Sales Cycle terdiri dari beberapa tahap, sebagian pakar marketing menyebutkan ada 8, 9, 10 13, 15 tahap, dan dari sekian banyak pendapat dan berdasarkan pengalaman, saya mencoba untuk lebih menyederhanakan tahap-tahap tersebut menjadi 6 tahap, yaitu :
1. PROSPECTING
2. APPROACH
3. PRESENTATION
4. PROBLEM SOLVING
5. CLOSING
6. FOLLOW UP (AFTER SALES SERVICE)
Karena Sales Cycle ini merupakan sebuah sistem, maka kalau kita mau mendapatkan HASIL yang maksimal (SUKSES) sebagai marketer, semua tahap tersebut harus dijalankan secara menyeluruh, berkesinambungan dan secara utuh. Kita tidak bisa memilih-milih proses apa yang kita suka yang di jalankan misalnya kita suka presentasi saja atau hanya prospecting saja atau prospecting dan presentasi saja atau bahkan kita jalankan tahap 1 sampai tahap 5 tetapi tahap 6
tidak dijalankan bisa dipastikan HASIL yang dicapai tidak maksimal (kalaupun berhasil sifatnya jangka pendek. Sekali lagi saya tekankan bahwa Sales Cycle ini merupakan sebuah sistem, ibarat sebuah mobil, kalau tidak terdapat satu komponen saja (misalnya pedal gas) maka mobil tersebut tidak akan bisa jalan.
PROSES yang kita jalankan akan menentukan seperti apa HASIL yang akan kita capai. Ingat bahwa "Kita TIDAK BISA mengendalikan ANGIN, tetapi kita BISA mengendalikan LAYAR".
Semoga Bermanfaat...
EdySantoso (trainer&motivator tgfnusantara)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.