Thursday, March 29, 2007

State Of Excelence (NLP)

Love Thursday!

State of Excelence?.....'wah, binatang apalagi nih!...celetuk salah satu peserta workshop NLP yang saya ikuti setahun yang lalu. State of Excelence bisa diartikan dengan kondisi terbaik/puncak. Yang akan kita bahas disini adalah 'Mungkinkah kita selalu berada dalam kondisi terbaik/puncak?'
Dari pertanyaan tersebut, akan timbul 2 jawaban/persepsi yang berbeda. Diantara kita pasti ada yang mengatakan 'Tidak mungkin'....alasannya karena kita bukan robot/mesin, melainkan manusia yang memiliki emosi/perasaan yang setiap saat dapat berubah-ubah (biasa disebut mood). Namun ada juga yang mengatakan 'Mungkin' alasannya kalau kita mau kita pasti bisa (jawaban orang-orang yang optimis). Ini yang paling saya suka dalam NLP, yaitu Tidak ada yang namanya 'salah atau benar'....semua tergantung sudut pandang masing-masing, yang menurut kita benar belum tentu menurut orang lain.
Kembali ke pertanyaan diatas, dalam NLP kita belajar untuk mengenal lebih baik dan lebih dalam mengenai cara kerja otak sehingga kita bisa selalu berada dalam kondisi terbaik/puncak. Perilaku (Behavior) seseorang apakah positif atau negatif sangat ditentukan oleh keadaan (state) yang dimiliki sebelumnya. Karena itu akan sulit merubah perilaku (Behavior) seseorang tanpa merubah terlebih dahulu keadaan (state). Misalnya ada seorang karyawan yang pada sore hari sebelumnya dimarahi oleh atasannya maka pada keesokan harinya, si karyawan kemungkinan besar akan cemberut terus di kantor atau diam dan tegang (perilaku/behavior). Kita tidak bisa hanya mengatakan 'Sudahlah....ngga usah dipikirin....namanya juga Bos'.
Untuk bisa selalu memiliki 'State of Excelence', sangat tergantung kepada diri sendiri, ya kita bisa lakukan sendiri dan harus. Kalau datangnya dari luar maka sifatnya hanya sementara. Yang harus kita lakukan adalah :
  • Melihat keadaan (State)

Apakah keadaan (State) kita dalam kondisi negatif (malas, sedih, stres, gelisah,dll) sehingga perlu dirubah ke arah positif?

  • Merubah keadaan (State)

Tentunya kalau keadaan (State) kita negatif akan sangat berpengaruh terhadap perilaku (behavior) dan otomatis terhadap semua aktifitas baik di rumah, di masyarakat maupun di kantor dan hasilnya pun pasti mengecewakan (pekerjaan berantakan dan kita di cap tidak profesional. Ada 3 cara untuk merubah keadaan (State) menjadi lebih baik :

1. Merubah FOCUS (Internal Representation)

Yang dimaksud dengan FOCUS (Internal Representation) adalah arah pikiran kita dalam keadaan (State) tertentu. Misalnya pada saat sehari sebelumnya kita mengalami kejadian yang tidak menyenangkan (dimarahi bos, berselisih paham dengan pasangan, dll) sehingga arah pikiran (FOCUS/Internal Representation) hanya tertuju kepada permasalahan tersebut yang berkelanjutan sampai kita bangun tidur, yang kita lakukan saat bangun tidur adalah merubah arah pikiran kita kepada hal-hal yang positif dan menyenangkan, misalnya berpikir bahwa tujuan bos marah adalah untuk kebaikan dan kemajuan kita serta tidak ada yang bersifat personal, atau kita pikirkan tentang apa yang bisa kita lakukan yang terbaik sehingga akan membuktikan bahwa kita memang profesional dan kompeten.

2. Merubah Fisiologis (Body Language)

'EMOTION is created by MOTION'. Ungkapan tersebut tepat sekali untuk menjelaskan cara yang kedua ini yaitu untuk merubah keadaan (State) kita menjadi lebih baik dengan melakukan gerakan-gerakan/tindakan (Fisiologis/Body Language) tertentu. Misalnya pada saat kita sedang menangis karen suatu hal, tiba-tiba ada orang mengetuk pintu, maka untuk merubah keadaan (State) yaitu dengan menengadahkan kepala keatas beberapa detik sambil menarik napas dalam-dalam atau bisa mengusap air mata kalau memungkingkan cuci muka. Itulah yang dimaksud dengan merubah fisiologis atau body language.

3. Merubah Keduanya (FOCUS/Internal Representation dan Fisiologis/Body Language)

Akan kita bahas lebih detail pada artikel mengenai Self Hypnosis atau Anda bisa mengikuti training yang kita adakan secara rutin setiap hari senin jam 15.30.

Itulah mengapa ada orang yang sepertinya selalu berada di kondisi terbaik/puncak (memiliki State of Excelence), selalu bersemangat, selalu fit, percaya diri, positif thinking, tenang dan selalu tersenyum. Kadang-kadang kita berpikir bahwa orang tersebut tidak pernah punya masalah. Kuncinya adalah menjaga STATE OF EXCELENCE secara terus menerus.

Salam Sukses!

EdySantoso (trainer&motivator tgfnusantara)

3 comments:

PL471NA said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

ghldfgfldfgdlfdf

Anonymous said...

Wouw suprise banget...
Baru hari kemarin saya pasang status di ym saya "internal representatif"
Hari ini saya buka eagle spirit ada artikelnya:)
Dalam hidup ini kesadaran utk bisa melakukan "switch" dr pikiran negatif ke pikiran positif pada saat mengalami sesuatu yg buruk sangat penting sekali,walau bagi saya pribadi kadang hal tersebut agak susah utk dilakukan ( mungkin perlu dibiasakan)tapi satu hal yg selalu jadi pedoman saya dalam menjalani hidup ini adalah "Everything happen for the good"
"Semua ada hikmahnya" (spt ajaran dlm agama saya)
benul eh betul nggak Pak?

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.