Wednesday, March 28, 2007

Pay First....Enjoy Later....OR?

Fun Wednesday!

'Life is A Choice' begitulah kehidupan nyata. Hidup memang sebuah Pilihan, keadaan kita sekarang (pekerjaan, teman, bisnis, tetangga, pasangan hidup, materi, pengetahuan, keahlian dll) adalah hasil dari pilihan yang kita buat sendiri atau dibuatkan oleh orang lain (orang tua, kakak, saudara, guru bahkan teman) di masa lalu.
Apabila dari pilihan hidup yang telah kita buat membuahkan hasil yang memuaskan, maka bersyukur dan nikmati secara bijaksana tanpa lupa diri. Tetapi apabila sebaliknya maka tetaplah optimis karena kita masih memiliki kesempatan untuk membuat pilihan hidup baru untuk masa yang akan datang.
Berhasil atau belum kita sekarang, masih banyak pilihan hidup yang bisa kita buat. Orang yang saat ini berhasil belum tentu akan seterusnya berhasil karena itu pilihan hidup harus tetap dibuat. Menentukan pilihan hidup seperti apa memang bukan perkara membalikkan telapak tangan karena impact yang terjadi sangat besar terhadap hidup kita. Ibarat kalau kita makan di caffetaria/kantin, ada 2 macam pilihan yang bisa kita buat yaitu ' MAKAN DULU, BAYAR KEMUDIAN atau BAYAR DULU, MAKAN KEMUDIAN.' Mari kita bahas filosofi dari pilihan tersebut :
1. MAKAN DULU, BAYAR KEMUDIAN
Pada saat di caffetaria/kantin, kita bisa memilih untuk mengambil semua makanan dan minuman yang kita suka kemudian memilih tempat dan mulai makan. setelah kita puas dan kenyang baru kita beranjak dari tempat duduk dan mulai antri untuk membayar di kasir. Dalam kehidupan nyata banyak orang yang membuat pilihan hidupnya dengan cara yang pertama ini. Mereka tidak terlalu memperdulikan masa depannya, kesenangan, kebanggaan, gaya hidup santai, merokok, narkoba, minuman keras, free sex, dunia malam, dan banyak hal lain yang menyenangkan mereka saat ini menjadi pilihan hidup. Sering kali kita melihat mereka dengan perasaan kagum, "wah hebat ya, sepertinya mereka fun terus." Tetapi di balik itu semua banyak hal yang dikorbankan terutama masa depan mereka. Harga yang harus dibayar di masa depan sangat mahal bahkan terlalu mahal. Mereka tidak menyadari bahwa pilihan hidup yang mereka ambil saat ini untuk JUST FUN.... akan berakibat FATAL. Banyak para pemuda saat ini yang sebenarnya memiliki potensi yang besar tidak mau memanfaatkannya. Karena itu bukan hal yang aneh kalau kita sering melihat ataupun mendengar cerita tentang kematian di usia muda karena OD, terlibat kriminalitas serta tentang orang yang sudah lanjut usia, yang seharusnya sudah tinggal menikmati hidup dengan tenang bersama anak dan cucu-cucunya, ternyata masih harus membanting tulang. Itulah gambaran tentang pilihan hidup dengan cara MAKAN DULU, BAYAR KEMUDIAN.
2. BAYAR DULU, MAKAN KEMUDIAN.
Pada saat makan di caffetaria/kantin kita bisa memilih untuk mengambil semua makanan dan minuman yang kita suka kemudian menuju ke kasir untuk membayar, dan memilih tempat untuk menikmati makanan dan minuman yang telah kita pilih dan bayar. Pilihan hidup dengan cara yang kedua ini mengajarkan kepada kita untuk memprioritaskan kerja keras terlebih dahulu setelah itu baru menikmati hasilnya, seperti pepatah 'Berakit-rakit ke hulu Berenang-renang kemudian'. Selama proses kerja keras tersebut banyak sekali tantangan (orang gagal menganggap sebagai hambatan) dan rasa sakit yang harus ditanggung, tetapi hasil akhirnya bisa sangat manis. Untuk orang dengan pilihan hidup cara pertama berpikiran sebaliknya (Berakit-rakit dahulu...Mati Kemudian), bisa saja terjadi. Karena itu apabila kita sudah memutuskan untuk mengambil pilihan kedua maka banyak hal yang harus diperhatikan dan dijalankan, tidak hanya kerja keras tetapi juga dibutuhkan kerja smart/cerdik/pandai. Kalau dalam manajemen ada istilah 'POAC - Planning, Organizing, Actuating & Controlling' (secara lebih detil akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel tersendiri. Orang-orang yang telah mencapai puncak sukses seperti sekarang karena mereka telah mengambil keputusan untuk 'BAYAR DULU, MAKAN KEMUDIAN'. Seorang dokter yang sukses telah menjalani suatu proses yang panjang dan melelahkan, saya pernah bertanya kepada dokter anak langganan saya yang tiap hari pasiennya +/- 50 orang dengan tarif sekali konsultasi Rp. 60.000,-[Rp. 90.000.000,- pr bulan]-(praktek di rumahnya saja, belum termasuk di rumah sakit dan klinik lain), berapa lama waktu yang di perlukan untuk sampai pada kondisi sekarang dan apa saja yang harus dilakukan, ia mengatakan " Untuk pendidikan sekitar 12 tahun dan masa kerja 15 tahun". Saya berpikir bahwa ini merupakan hal yang luar biasa, diperlukan waktu 27 tahun kerja keras untuk mencapai kesuksesan seperti sang dokter anak. Saat ini saya ketemu beliau jogging tiap minggu pagi di kompleks dan minimal tiga bulan sekali jalan-jalan ke luar negeri bersama keluarga. 27 tahun yang lalu sang dokter telah membuat pilihan hidup yang menjadikannya seperti sekarang, ia mengambil filosofi 'BAYAR DULU, MAKAN KEMUDIAN'.
Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah bahwa HIDUP adalah sebuah PILIHAN. Pilihan hidup yang kita ambil sekarang sangat menentukan kehidupan kita di MASA DEPAN. Apakah Anda memilih 'MAKAN DULU, BAYAR KEMUDIAN atau BAYAR DULU, MAKAN KEMUDIAN', semua kembali kepada Anda. Selamat membuat PILIHAN....
EdySantoso (trainer&motivator tgfnusantara)

1 comment:

Anonymous said...

Artikelnya bagus banget, menyadarkan or mengingatkan kita tentang pilihan hidup dan konsekuensi yg akan kita terima dikelak kemudian hari
Istilah "Pay First, Enjoy Later or sebaliknya" sangat simple tapi mendalam dan mengena bagi saya
Semoga bermanfaat juga bagi yg lainnya ya Pak...
Yuni

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.