Wednesday, March 21, 2007

4 'SI' untuk SUKSES


Fun Wednesday!


Dalam mencapai tujuan utama kita yaitu SUKSES, banyak sekali rumusan / kiat-kiat / metode yang dibuat oleh orang-orang yang telah sukses, salah satunya yang di sebut dengan 4 'SI' (Empat Si), yaitu :

1. viSI



viSI berarti pandangan jauh kedepan. Setiap orang yang berhasil selalu memiliki yang namanya viSI / Tujuan /Goal / Dream. viSI ini penting sekali karena ibaratnya kalau kita sedang mengendarai mobil tetapi kita tidak tahu kemana kita akan pergi, maka yang ada adalah kita hanya berputar-putar kebingungan. Dalam kehidupan nyata, viSI adalah langkah awal untuk mencapai kesuksesan. Apa yang ingin kita raih/peroleh atau akan menjadi seperti apa kita nantinya (2,5,10 bahkan 20 tahun) sangat tergantung dengan viSI yang kita miliki. Kita bisa merancang dan membangun kehidupan kita sesuai dengan yang kita inginkan. Kita adalah arsitek untuk hidup kita, cetak biru atas kehidupan kita bisa dibuat mulai sekarang yaitu berupa viSI. Sebagai contoh kasus, sebelum ditemukannya bola lampu seperti sekarang... awalnya sebuah impian (viSI) seorang Thomas Alfa Edison untuk menjadikan malam seperti siang. Pesawat terbang yang mengantarkan kita ke berbagai tujuan di belahan bumi ini dengan jauh lebih cepat, awalnya adalah impian (viSI) dari Wright bersaudara untuk bisa terbang seperti burung. Dulu orang berpikir bahwa suatu hal yang mustahil untuk bisa terbang ke bulan, tetapi kenyataan berkata lain, Neil Armstrong telah membuktikan impian (viSI) para pakar antariksa Amerika dengan menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan, dan masih banyak contoh lagi betapa viSI adalah langkah awal yang sangat penting untuk mencapai SUKSES.

2. visualisaSI

Untuk mencapai SUKSES, memiliki viSI saja tidaklah cukup. viSI supaya lebih gampang dalam merealisasikannya maka harus divisualisaSIkan menjadi satu bentuk yang dapat kita cerna melalui panca indera kita (dalam NLP disebut dengan SENSORY ACUITY). Kalau seseorang ingin punya mobil maka harus divisualisaSI kan lebih detail dan jelas, jenis mobilnya apa (sedan, minibus, jeep, truk), fungsinya apa (bisnis, keluarga, sport, gengsi), mereknya apa (Honda, Toyota, Mitshubisi, Nissan, BMW, Mercedes,dll) kelasnya apa (sederhana, menengah, mewah), Keluaran tahun berapa (terbaru, 2000 an, 90 an), Harganya berapa ( 50jt, 100jt,500jt, 1M atau lebih), Warnanya apa (merah, kuning, hijau, hitam, biru, coklat, silver), sistem transmisinya apa (Matic, Manual), dan masih banyak lagi yang harus kita visualisaSI kan. visualisaSI ini sangat penting karena otak kita bisa bekerja dengan baik apabila instruksi yang dimasukkan kedalam otak kita sangat detail dan jelas.

3. akSI

Memiliki viSI dan membuat visualisaSI tidak akan mengantarkan kita kepada SUKSES. Kalau hanya berhenti pada viSI dan visualisaSI itu namanya berkhayal. Hal itu sama saja dengan kita mimpi di malam hari dan saat bangun yang kita dapat hanyalah ingatan akan mimpi tersebut (tidak nyata). Nah, setelah kita memiliki viSI dan membuat visualisaSI, langkah selanjutnya adalah kita harus bekerja/bertindak/ berakSI untuk mewujudkannya. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa seribu langkah dimulai dulu dengan satu langkah. Contoh kasus : Bola lampu tidak akan pernah ada kalau Thomas Alfa Edison hanya bermimpi bahwa suatu saat malam hari bisa tetap terang seperti siang hari dan membuat visualisaSI tentang bentuk bola lampunya seperti apa tanpa melakukan penelitian dan percobaan yang berulang kali. Dan syarat utama dalam melakukan akSI ini adalah tidak pernah kenal kata menyerah seperti yang dilakukan oleh Thomas Alfa Edison yang pada percobaan ke 1000 kali baru berhasil. Faktor lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah kita juga harus memiliki 'Time Frame', kapan kita mulai, membuat evaluasi, dan kapan selesainya (finish).
4. emoSI

SI yang keempat ini juga sangat menentukan keberhasilan kita. emoSI memegang peran yang penting sekali dalam proses pencapaian SUKSES. Memiliki viSI yang luar biasa, membuat suatu visualisaSI yang sangat detail dan jelas serta melakukan akSI yang gigih akan berantakan apabila kita tidak bisa mengendalikan emoSI kita. emoSI dibagi menjadi 2 yaitu emoSI POSITIF (Membangun/Konstruktif) dan emoSI NEGATIF (Menghancurkan /Destruktif). Kedua emoSI ini memiliki kekuatan dan efek yang sama besarnya. Kalau kita telusuri sejarah, satu contoh keajaiban dunia tercipta karena emoSI. Taj Mahal di India yang terkenal dengan keindahannya tercipta karena emoSI (rasa cinta dan sayang yang sangat/Positif) sang Raja kala itu kepada Permaisurinya. Jatuhnya Menara Kembar WTC merupakan hasil dari emoSI Negatif (rasa kebencian yang sangat terhadap Amerika). Dari contoh tersebut terbukti bahwa baik emoSI Positif maupun emoSI Negatif memiliki kekuatan dan efek yang sangat dahsyat. Energi yang dikeluarkan untuk emoSI Positif dan Negatif pun sama besarnya. Karena itu mengapa kita tidak fokuskan emoSI kita kepada hal-hal yang Positif sehingga SUKSES dapat segera kita raih.

Rumusan ini (4 SI : viSI, visualisaSI, akSI dan emoSI) sekali lagi hanyalah salah satu dari sekian banyak rumusan SUKSES. Semua kembali lagi kepada kita, kalau tidak dicoba bagaimana kita tahu? ....... Semoga Bermanfaat...


EdySantoso (trainer&motivator tgfnusantara)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.