Monday, March 5, 2007

I Like Monday!


Piye Kabare Rek!.....


Eh....udah Senin lagi neh....mesti kerja lagi neh..... yup....itulah perasaan sebagian besar dari kita dan diungkapkan dengan berbagai intonasi, mimik, body language, secara blak-blakan atau hanya dalam hati. Senin telah tiba.......waduh..... ketemu bos lagi neh, ketemu si anu yang nyebelin neh, sok tau neh and everything yang bisa kita pake buat alasan (excuse) untuk malas dalam memulai segala aktifitas di hari Senin.


Well...saya tidak bermaksud menyinggung siapapun sih....masalahnya hal tersebut diatas juga menjadi pengalaman pribadi saya sekitar 2 atau 3 tahun yang lalu. Setiap datang hari Senin seperti menjadi momok buat saya. Di perusahaan tempat saya bekerja dulu, setiap hari senin jam 10.00 pagi adalah jadwal reguler meeting dengan direksi (pengakuan dosa mingguan).


Bagaimanapun, setelah berbagai pengalaman dan belajar mengenai psikologi, bagaimana kerja otak kita, perilaku dan terakhir nlp dari berbagai sumber (buku, training, workshop, seminar, diskusi dengan temen, radio, kaset2 pembicara, nasehat bos, dll), pada akhirnya saya jatuh pada satu kesimpulan bahwa kita bisa mengendalikan kondisi/keadaan/state kita sesuai dengan kemauan kita, yang pada akhirnya kita bisa mengendalikan perilaku/behavior kita.


Ada pepatah "We Are What We Think" yang saya ambil dari buku "The Magic of Thinking Big" karangan DR. David J. Schwart.... Pepatah tersebut kurang lebih bisa diartikan bahwa kita adalah apa yang kita pikirkan. Secara lebih sederhana, kita bisa mengendalikan pikiran kita bukan sebaliknya. Apakah kita mau semangat atau tidak, mood atau tidak, sedih atau senang, stress atau tidak, bisa kita atur. Pikiran kita seperti gelombang radio, tetapi stasiun yang dipancarkan hanya ada dua yaitu Positif dan Negatif. Kita tinggal pilih mau memutar stasiun yang mana yang kita mau, apakah stasiun positif (semangat, ceria, percaya diri, tenang,dsb) atau stasiun negatif (sedih, loyo, stress, malu, panik,dsb).


Well, temen-temen pasti setuju dengan saya pada awal saya tahu hal ini dan berkomentar : Ngomong sih gampang....prakteknya dong????. Komentar itu memang benar, ya kembali ke apa yang kita mau, dan kenapa nggak kita coba untuk memulai/praktek, toh banyak orang sukses yang mengatakan kalau nggak nyoba mana kita tahu or suka ada yang bilang nanti nyesel lho, coba aja dulu......


Pada akhirnya saya pun mencoba mempraktekkan hal tersebut diatas dan ....EUREKA... (ungkapan aristoteles saat menemukan ide sambil mandi....ngingetin aja barangkali temen-temen lupa), ternyata prakteknya bisa walaupun tidak mudah. Dan saya yakin bahwa temen- temen pun pasti bisa mempraktekkannya


Kembali ke Laptop....eh (sorry hak paten nya si Tukul)... about I Like Monday..... seperti yang kita semua tahu istilah I don't Like Monday itu international banget lho bukan cuman lokal... bahasanya aja bahasa bule ya nggak..... bahkan di populerkan pula lewat lagu berjudul sama oleh penyanyi bernama Bob Geldof ( yang kata temen saya di sebelah nih penyanyi dulu sempet bikin heboh di Indonesia soal ngebongkar piracy/pembajakan kaset tahun 80an). So... kita tuh udah seperti dicekokin about negative thinking tentang hari senin... Ya... begitulah salah satu model penjajahan pikiran, tetapi ternyata tidak semua dari kita tidak sadar akan hal ini, ada sebuah kafe yang notabene milik bule juga (hard rock) bikin acara yang bertajuk I Like Monday... don't nya di coret.


Setelah panjang kali lebar kali tinggi kali apalagi ya.... kita sampai pada satu kesimpulan bahwa semua hari tuh sama....mau hari senin, selasa, rabu, kamis, jum'at...nggak masalah....walaupun banyak yang mengatakan beda dong...khan hari senin itu jatuh setelah kita weekend (akhir pekan)... apa yang kita alami di akhir pekan sangat pengaruh terhadapa bagaimana kita pada hari senin...Nah lo..... nggak bakal habis kalau kita pakai weekend sebagai alasan (excuse)... kalau begitu hari selasa tergantung hari senin, rabu tergantung hari senin dan selasa dan seterusnya..... bener khan????


At the end....it's all up to you...my friends.... mau dianggap serius boleh...tidak juga nggak papa... karena menurut saya (saya lagi...boleh dong..khan ini blog saya)... Kita adalah Pikiran Kita, kalo kita pikir bisa... pasti bisa....
Semoga bermanfaat..... Keep The Eagle's Spirit!


EdySantoso (Trainer & Motivator tgfnusantara)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.