Thursday, March 15, 2007

5 Dalih (Excuses) Penghambat KESUKSESAN


Love Thursday!


Semua orang di dunia ini mempunyai tujuan yang sama yaitu SUKSES. Sukses dalam segala dimensi kehidupan, dalam keluarga, pekerjaan/karir, masyarakat/sosial, keuangan/ finansial, spiritual/agama, pendidikan, dll.

Kita sudah melihat banyak sekali tokoh, artis, pemimpin dunia, olahragawan, pembicara, dokter, pengacara dan masih banyak lagi yang telah mencapai apa yang dinamakan dengan SUKSES. Orang - orang tersebut telah mengalahkan berbagai macam alasan (excuses) yang menghambat mereka mencapai keberhasilan.

Dr. David J. Schwartz mengatakan dalam bukunya "The Magic of Thinking Big" bahwa ada 5
(Lima) Dalih/excuses yang paling sering dijadikan tameng untuk pembenaran diri dan pelipur lara atas segala kegagalan mereka. Keempat alasan/excuses itu adalah :

1. USIA
Orang-orang yang GAGAL selalu beralasan bahwa mereka terlalu muda atau terlalu tua untuk bisa SUKSES. Mereka selalu berkomentar " Kalau si Anu khan umurnya lebih tua dari saya, makanya dia lebih banyak pengalaman dan wajarlah kalau dia sukses dan saya tidak... atau sebaliknya...Pantas saja dia sukses...dia kan masih muda, energinya masih banyak dan waktunya masih panjang, sedangkan saya sudah terlalu tua, tidak sanggup lagi."

2. GENDER (JENIS KELAMIN)
Orang - orang yang GAGAL selalu bersembunyi dengan alasan gender/jenis kelamin ini atas kegagalan mereka. Mereka selalu berkomentar " Pantas saja dia SUKSES...dia kan PEREMPUAN...lebih luwes, lebih menarik, lebih bisa merayu....atau...Dia kan LAKI-LAKI...lebih berani, tenganya lebih besar, lebih tahan banting.

3. PENDIDIKAN
Orang-orang yang GAGAL selalu beralasan bahwa faktor kegagalan mereka salah satunya adalah pendidikan mereka. Mereka selalu berkomentar " Saya kan cuman SMA sedangkan dia D3, yang D3 mengatakan dia cuman D3 sedangkan dia S1 dan seterusnya atau bahkan saya kan cuman tamatan SD ...mana bisa bersaing dengan mereka yang berpendidikan tinggi?".

4. EKONOMI/KELUARGA
Orang-orang yang GAGAL selalu beralasan bahwa untuk SUKSES harus punya modal materi yang besar atau berasal dari keluarga kaya atau sebaliknya mereka yang berasal dari keluarga kaya beralasan bahwa justru karena keluarganya kaya dia GAGAL. Mereka selalu berkomentar " Wajarlah dia SUKSES...ayahnya/kakeknya kan pejabat....uangnya banyak...kesempatannya lebih besar...sedangkan saya kan dari keluarga miskin, nggak mampu...mana mungkin....atau sebaliknya mereka kan dari keluarga miskin jadi lebih tahan banting, tidak gampang menyerah..."

5. KESEHATAN
Orang-orang yang GAGAL menggunakan kesehatan mereka sebagai alasan atas kegagalan mereka. Mereka selalu berkomentar " Saya kan sakit maag, rematik, gejala jantung, paru-paru, dan semua jeroan yang lain, migrain, sinus, bahkan tuna rungu, tuna wicara dan lain-lain... sedangkan dia kan normal, sehat...jadi ya wajarlah kalau dia SUKSES dan saya GAGAL."

Kalau memang ke 5 dalih/excuses tersebut benar-benar menyebabkan kita GAGAL, saya akan coba tunjukkan kepada Anda bukti nyata bahwa orang-orang yang SUKSES pun mengalami ke 5 kondisi (USIA, GENDER, PENDIDIKAN, EKONOMI & KESEHATAN) sama persis seperti yang dialamai oleh orang-orang yang GAGAL tersebut tetapi tetap SUKSES. Perbedaan diantara mereka adalah kalau orang-orang GAGAL menggunakan ke 5 kondisi tersebut sebagai dalih atas kegagalan mereka sedangkan orang-orang SUKSES menggunakan ke 5 kondisi tersebut sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik dan lebih SUKSES dibanding orang lain.

Bukti orang-orang sukses itu antara lain ; Dalam usia 65 tahun Kolonel Sanders justru mencapai kesuksesan luar biasa dengan resep ayam goreng buatan ibunya yang sekarang terkenal dengan "Kentucky Fried Chicken (KFC)"- orang GAGAL berpikir terlalu TUA, sedangkan Steve Jobs masih berusia 19 tahun dan masih di bangku kuliah sewaktu menemukan Komputer untuk pertama kali (PC) dan Bill Gates masih duduk di bangku kuliah sewaktu menciptakan program Windows yang mengantarkan dia menjadi orang terkaya sejagat - orang GAGAL berpikir terlalu MUDA. Margareth Tatcher seorang perempuan yang berhasil menjadi Perdana Menteri Kerajaan Inggris yang sangat disegani oleh hampir seluruh pemimpin dunia selama masa jabatannya - orang GAGAL berpikir saya kan hanya PEREMPUAN.

John Major yang juga seorang Perdana Menteri Kerajaan Inggris dari partai buruh hanya lulus Sekolah Menengah (SMA) tetapi berhasil, di Indonesia ada Andrie Wongso yang hanya tamatan SD tetapi berhasil menjadi Pembicara Sukses. Di Amerika ada seorang entertainer yang telah meninggal dunia BOB HOPE berasal dari keluarga miskin dimana tempat tinggalnya hanya gubuk dari kayu beratap seng dan orang tuanya adalah buruh perkebunan tetapi berhasil menjadi seorang Entertainer yang paling banyak mendapatkan penghargaan dan memiliki beberapa rumah mewah salah satunya di Beverly Hills - orang-orang GAGAL berpikir saya kan MISKIN.

Renoir seorang pemahat dan perupa yang mengalami rematik akut di tangan kanannya tetapi dia tetap memahat dan menjadi salah satu legenda yang tetap di kenang sampai sekarang. Dalam dunia musik klasik ada Beethoven yang tuli tetapi bisa menciptakan karya seorang maestro yang juga menjadi legenda serta ada Stevie Wonder walaupun buta bisa menjadi seorang penyanyi terkenal seluruh dunia dan juga seorang pemain piano yang handal.

Nah, sekarang semuanya tergantung Anda dalam menyikapi ke 5 kondisi tersebut. Apakah Anda akan menyikapi seperti orang-orang GAGAL yang menjadikan ke 5 kondisi tersebut diatas sebagai DALIH/EXCUSES yang menghambat kesuksesan atau menjadikan sebagai MOTIVASI untuk bisa lebih baik dan lebih SUKSES dibanding orang lain.

It's All Up To You......You Are What You Think....If You Think You Can.....You Can!

Semoga Bermanfaat!

EdySantoso
(trainer&motivator )

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.