Thursday, July 5, 2007

SIX STEPS REFRAMING

Love Tuesday!

REFRAMING selain dilakukan untuk merubah kejadian/perilaku orang lain melalui perubahan sudut pandang, juga bisa dilakukan untuk merubah perilaku/kejadian terhadap diri kita sendiri (baca: SELF REFRAMING).
Untuk bisa melakukan SELF REFRAMING, diperlukan latihan dan akan lebih baik lagi jika dilakukan bersama dengan orang yang telah mengerti mengenai Self Hypnosis/Hypnotherapy.
Berikut ini adalah 6 Langkah SELF REFRAMING (SIX STEPS REFRAMING) :
(Bacanya pelan-pelan aje ye, sambil ngopi or ngeteh, tarik napas lewat hidung dan keluarkan lewat mulut....pelan...pelan....)
1. Kenali pola atau perilaku (simptom) yang ingin Anda ubah
2. Lakukanlah komunikasi dengan bagian pikiran bawah sadar Anda yang menyebabkan perilaku itu.
Selamilah diri Anda dan tanyakan pertanyaan berikut tentang diri Anda, sambil tetap mewaspadai secara pasif untuk melacak dan memberitahukan perubahan apapun pada perasaan tubuh, bayangan penglihatan, atau bunyi yang timbul sebagai tanggapan pertanyaan Anda. Pertanyaannya adalah, "Akankah bagian diri saya yang menyebabkan perilaku X mau berkomunikasi dengan saya secara sadar?"
Kini mintalah bagian itu, sebut saja bagian X, untuk memperkuat tanda kalau ingin mengkomunikasikan ya, dan menguranginya kalau ingin mengkomunikasikan tidak. Sekarang ujilah tanggapan itu dengan meminta bagian itu mengkomunikasikan ya.....lalu tidak....sehingga Anda dapat membedakan kedua jawaban.
3. Pisahkan maksud dari perilaku.
Berterima kasihlah pada bagian itu atas kesediaannya berkomunikasi dengan Anda. Sekarang tanyakanlah kalau ia bersedia memberitahu Anda apa yang dicoba untuk melakukannya lagi bagi Anda dengan menimbulkan perilaku X. Sambil menanyakan pertanyaan itu, waspadailah kembali untuk melacak jawaban ya atau tidak. Perhatikanlah manfaat apa yang diberikan perilaku ini bagi Anda di masa lalu dan berterima kasihlah pada bagian itu untuk mempertahankan manfaat penting ini bagi Anda.
4. Ciptakan perilaku lain untuk memenuhi maksudnya.
Sekarang selamilah diri Anda dan hubungi bagian kreatif. Mintalah untuk mewujudkan tiga pilihan perilaku yang sama atau lebih baik daripada perilaku X untuk memenuhi maksud bagian yang berkomunikasi dengan kita. Mintalah bagian kreatif Anda ini untuk memberitahu Anda dengan tanda ya kalau ia telah mewujudkan ketiga perilaku baru..... Sekarang tanyakanlah pada bagian kreatif ini apakah ia mau menunjukkan pada Anda ketiga perilaku baru itu.
5. Mintalah bagian x menerima pilihan baru dan bertanggung jawab untuk mewujudkannya jika diperlukan.
Sekarang tanyakanlah pada bagian X apakah ketiga perilaku baru ini paling tidak sama efektifnya dengan perilaku X.
Sekarang tanyakan pada bagian X apakah ia mau menerima tanggung jawab mewujudkan ketiga perilaku pada keadaan yang sesuai kalau maksudnya perlu dipenuhi.
6. Lakukanlah pengujian ekologis.
Kini selamilah diri Anda dan tanyakanlah kalau ada bagian manapun yang keberatan pada persetujuan yang baru saja dilakukan atau apakah semua bagian setuju mendukung Anda. Lalu melangkahlah ke masa depan dan bayangkan suatu keadaan yang telah membangkitkan akan perilaku lama, dan pengalaman menggunakan satu dari pilihan baru Anda dan tetap mencapai manfaat yang Anda inginkan.
Masuklah ke dalam keadaan lain di masa depan yang telah akan merupakan pembangkit perilaku yang tidak dinginkan, dan pengalaman menggunakan pilihan baru Anda yang lainnya lagi.
Kalau Anda menerima tanda bahwa bagian lain keberatan pada pilihan baru ini, anda harus memulai dari awal, mengenali bagian mana yang keberatan, apa manfaatnya bagi Anda di masa lalu, dan mintalah bekerja sama dengan bagian X untuk mewujudkan pilihan baru yang akan mempertahankan manfaat yang selalu diberikannya pada Anda dan juga membicarakan mengenai dialog Anda dengan bagian tubuh sendiri, tetapi inilah dasar pola hipnotis yang telah ditemukan sangat bermanfaat oleh orang seperti Dr. Erickson, Bandler, dan Grinder.
Selamat Mencoba....
Salam POSITIF!
EdySantoso (trainer&motivator)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.