Wednesday, July 25, 2007

4 Hal Penting Dalam Meraih KESUKSESAN

Fun Wednesday!


Ada berbagai rumusan /tips sukses yang telah disampaikan oleh orang-orang telah meraih kesuksesan. Salah satu rumusan itu akan saya coba jabarkan berikut ini.
4 Hal Penting Dalam Meraih KESUKSESAN :
1. INTENTION
Intention atau bisa juga disebut dengan Personal WIll atau secara harafiah biasa kita sebut sebagai KEMAUAN.Pepatah mengatakan bahwa DIMANA ADA KEMAUAN...PASTI ADA JALAN. Sebelum seseorang bertindak pasti didasari dengan adanya WILL atau KEMAUAN. Kemauan ini menjadi DASAR AWAL bagi seseorang untuk meraih kesuksesan karena itu memiliki peran yang sangat menentukan.Orang yang memiliki KEMAMPUAN/KEAHLIAN/SKILL tidak akan ada gunanya kalau ia tidak memiliki KEMAUAN. Ada 4 tipe orang di dunia ini :
a. Tidak Memiliki KEMAUAN & Tidak Memiliki KEMAMPUAN.
Jenis orang-orang yang menggantungkan kehidupannya pada belas kasihan orang lain.
b. Tidak Memiliki KEMAUAN tetapi Memiliki KEMAMPUAN
Jenis orang-orang yang tidak percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki atau orang-orang yang terjebak dalam zona kenyamanan (comfort zone)
c. Memiliki KEMAUAN tetapi Tidak Memiliki KEMAMPUAN
Orang-orang yang ingin sukses, mau belajar dan tidak melihat kekurangan yang dimiliki sebagai sebuah kelemahan. Orang-orang ini apabila diberikan kesempatan ia akan langsung bertindak dan sangat mungkin menjadi sukses.Sebagai contoh : Para olah ragawan yang sukses seperti Susi Susanti, awalnya ia sama sekali tidak memiliki kemampuan sebagai pemain bulu tangkis yang hebat, tetapi sejak kecil ia memiliki kemauan untuk menjadi pebulu tangkis dunia. Karena itu ia bergabung dengan klub bulu tangkis dan berlatih setiap hari sampai akhirnya ia MAMPU dan berhasil menjadi pebulu tangkis dunia kemudian meraih emas olimpiade.
d. Memiliki KEMAUAN dan KEMAMPUAN
Jenis orang-orang yang selalu bersemangat dan terus belajar, bersyukur dengan apa yang dimiliki dengan tetap bekerja keras untuk mewujudkan semua impiannya. Orang-orang ini akan dengan sangat cepat meraih kesuksesan.
Nah, termasuk yang manakah Anda? Tidak masalah apabila Anda tidak/belum MAMPU terhadap suatu hal/bidang, yang terpenting adalah Anda memiliki KEMAUAN (INTENTION).
2. ATTENTION
Attention berati FOKUS. Dengan fokus akan membantu Anda untuk tetap berada di jalur yang benar. Dalam proses mencapai apa yang Anda inginkan ada jembatan/jalan yang harus Anda tempuh.Fokus juga berarti Anda harus memiliki tujuan yang jelas, specifik, dapat diukur, rasional dan terarah. Sebagai contoh, kalau Anda punya sebuah mobil dan Anda ingin mengendarai mobil Anda tetapi Anda tidak tahu akan pergi kemana maka yang terjadi adalah Anda akan berputar-putar dan tidak akan sampai kemanapun juga. Anda harus tentukan tujuan Anda misalnya rumah Anda di Cibubur dan Anda akan ke jalan Thamrin maka Anda bisa dengan tepat membuat rencana perjalanan, berapa lama waktu yang akan di tempuh, jalur tol atau jalan biasa, berapa liter bensin yang diperlukan, kalau lewat tol harus menyiapkan uang tol juga, masih three in one atau tidak dan seterusnya.
Attention atau fokus ini harus dilakukan setiap hari supaya Anda cepat sampai kepada tujuan/goals Anda.
3. ENERGY
ENERGY atau PASSION atau GAIRAH atau SEMANGAT yang menggebu atau bisa dikatakan BEKERJA DENGAN SEPENUH HATI atau ALL OUT. ENERGY merupakan bahan bakar yang akan mengantarkan Anda mencapai kesuksesan. Sama dengan mobil bisa berjalan jika sudah ada bahan bakarnya. ENERGY atau PASSION ini akan membuat Anda menjadi orang yang pantang menyerah, maju terus. Supaya Anda memiliki ENERGY atau PASSION ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab terlebih dahulu: "APAKAH ANDA MENCINTAI APA YANG ANDA KERJAKAN SAAT INI (PEKERJAAN)?" Kalau jawabannya TIDAK, saya sarankan Anda mencari Pekerjaan lain.
Dengan Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, maka segalanya akan menjadi sangat menyenangkan, Anda akan enjoy dan otomatis semangat akan terus mengalir untuk menjalankan prosesnya. Tidak ada beban yang ada hanyalah tanggung jawab pribadi, tidak ada masalah yang ada hanyalah peluang menjadi lebih baik dan tantangan. Semua karya besar atau penemuan besar terjadi karena sang seniman atau sang maestro mencintai apa yang mereka lakukan dan menumpahkan seluruh tenaga dan pikiran (sepenuh hati) sehingga hasil karya atau temuan mereka bermanfaat, sangat berharga dan dikenang sepanjang masa. Sebut saja Thomas Alfa Edison yang mengalami kegagalan sebanyak 1999 kali tetapi mengatakan bahwa ia tidak gagal tetapi ia belajar sebanyak 1999 kali mengapa bolam tidak dapat menyala.
Orang-orang sukses di dunia (Top Achiever) tidak hanya mengejar uang tetapi karena mereka mencintai pekerjaan mereka. Salah satu contoh lagi yaitu BIll Gates yang merupakan penemu Microsoft dan orang terkaya sedunia, mengatakan bahwa apa yang ia lakukan karena kecintaannya terhadap Research & Development.
4. BELIEVE
Ada tiga hal dimana Anda harus BELIEVE atau PERCAYA, yaitu :
a. PERCAYA kepada DIRI SENDIRI
PERCAYA bahwa Anda BISA BERHASIL, bahwa Anda adalah orang yang memiliki potensi yang sangat besar. Percaya bahwa Anda dilahirkan sebagai PEMENANG, karena itu Anda berhak untuk SUKSES. Anda PERCAYA bahwa setiap orang itu dilahirkan dengan keunikan masing-masing termasuk Anda. Tidak ada satu orangpun yang sama persis bahkan orang kembar sekalipun. Dan semua orang dilahirkan sebagai mahluk yang paling sempurna dimuka bumi ini sehingga tidak ada alasan untuk minder, takut akan gagal. Orang akan percaya kepada Anda apabila Anda sendiri terlebih dulu percaya kepada diri Anda.
b. PERCAYA kepada PRODUK ANDA
Kalau Anda menjual produk atau jasa tetapi Anda sendiri tidak yakin atau percaya terhadap produk atau jasa jangan harap Anda akan berhasil menjual. Apapun produk atau jasa Anda semua tergantung kepada diri Anda sendiri. Kalau Anda sudah percaya kepada Diri Anda ditambah dengan Anda percaya kepada produk Anda, tanpa harus bicara pun kemungkinan orang dapat melihat dari bahasa tubuh Anda. Percaya bahwa produk atau jasa anda bermanfaat buat orang lain, percaya bahwa melalui produk atau jasa Anda akan membantu konsumen Anda dan masyarakat, percaya bahwa produk atau jasa Anda adalah produk atau jasa yang memiliki kualitas baik, percaya bahwa melalui produk atau jasa Anda tersebut akan membantu Anda mencapai keberhasilan.
c. PERCAYA kepada INDUSTRI ANDA
Percaya bahwa Industri yang Anda geluti merupakan industri yang memiliki tujuan mulia bagi Anda dan masyarakat. Percaya bahwa Industri yang sedang Anda jalankan merupakan industri yang memiliki manfaat yang besar.
Dengan PERCAYA kepada DIRI ANDA SENDIRI, kepada PRODUK ANDA dan kepada INDUSTRI ANDA, maka akan terjadi sinergi yang sangat luar biasa, suatu harmonisasi energi positif yang akan Anda sebarkan kepada Diri Anda, orang-disekitar Anda, keluarga, teman, relasi, pelanggan dan masyarakat. Energi positif yang sangat besar yang Anda pancarkan akan dikirimkan kembali kepada Anda berupa KESUKSESAN.
Salam POSITIF!
EdySantoso (Trainer&Motivator)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.