Wednesday, May 2, 2007

SUKA dan SEHARUSNYA....

Fun Wednesday!

Selama 11 tahun dalam karir saya di sales, marketing dan manajemen, sering sekali dan sebagian besar para marketer ataupun karyawan dihadapkan pada satu situasi dimana mereka melakukan apa yang mereka suka bukan apa yang seharusnya mereka lakukan.
Memang dalam menjalankan pekerjaan apapun bidangnya, kita harus suka dengan pekerjaan tersebut. Karena sepertiga dari hidup, kita habiskan untuk bekerja, yang artinya kalau kita tidak suka dengan pekerjaan kita maka kita telah membuang sepertiga dari hidup kita. Betapa sangat disayangkan apabila hal tersebut terjadi. Suka terhadap pekerjaan kita berarti menjalankan pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati, all aout, 100% dan profesional.
Nah, dalam proses menjalankan pekerjaan tersebut, para marketer ataupun karyawan lebih banyak menggunakan waktu mereka untuk melakukan apa yang mereka suka misalnya bercanda, ngobrol, ngegosip, chating, browsing internet, ngakunya prospek tetapi malah jalan-jalan di mal, dan sebagainya. Hanya sedikit waktu yang benar-benar mereka pergunakan untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Dan pada saat diminta laporan pertanggung jawaban terhadap kinerja yang selama ini dijalankan, mereka telah menyiapkan berbagai macam alasan/dalih atas kegagalan mencapai target yang telah ditentukan perusahaan.
Agar kita tidak terjebak pada kondisi tersebut, yang harus dilakukan adalah :
1. Buat Rencana Kerja
Ada ungkapan dari salah satu tokoh dunia mengenai rencana yaitu "IF YOU FAIL TO PLAN... THEN YOUR PLAN WILL FAIL". Ungkapan tersebut menggambarkan betapa pentingnya sebuah rencana. Seorang Arsitek sebelum membangun rumah atau gedung maka ia akan membuat dulu cetak biru/blue print. Dan ia membangun berdasarkan cetak biru/blue print tersebut. Begitu pula kita, kalau kita bekerja tanpa membuat rencana terlebih dahulu, maka yang terjadi adalah kebingungan. Setiap hari kita tidak tahu apa yang harus dilakukan.
2. Lakukan Morning Review dan Afternoon Review
Sebelum melakukan aktifitas, luangkan waktu sekitar 10 Menit untuk membuat Morning Review terhadap kinerja hari sebelumnya dan rencana aktifitas untuk hari itu. Dengan melakukan Morning Review kita akan segera mengetahui dan dapat melihat apa saja yang telah kita lakukan dan sejauh mana keberhasilan yang telah kita capai serta secara detail bisa menerapkan rencana kerja satu hari tersebut. Pada sore harinya kita bisa melakukan Afternoon Review dengan melibatkan tim kita (leader(Supervisor/Manager) untuk melakukan analisa terhadap apa yang telah dilakukan pada hari itu apakah telah sesuai dengan rencana atau tidak.
Dengan membuat rencana kerja serta melakukan review, maka akan mengurangi volume keinginan untuk melakukan apa yang kita suka dan meningkatkan kinerja dengan melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Namun demikian membuat rencana kerja dan melakukan review tidaklah cukup, sebelum itu kita harus memiliki tujuan kerja/Goals yang jelas baru kemudian membuat rencana kerja sesuai dengan tujuan/goals tersebut.
Semoga Bermanfaat....
EdySantoso (Trainer&Motivator)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.