Thursday, September 20, 2007

Dreamer Country vs Worker Country


Negara PEKERJA vs Negara PEMIMPI


Dalam sebuah seminar motivasi yang saya ikuti sekitar 10 tahun yang lalu, dimana pembicara utamanya bernama Doug Weed seorang senator gedung putih (presiden Ronald Reagan dan George Bush senior) mengatakan satu kalimat yang sangat mengusik pikiran dan membakar semangat saya.

Ia mengatakan dengan lantang "Indonesia will never be a BIG & PROSPER Country because the people are WORKERS......., on the otherhand... America become BIG & PROSPER because the people are DREAMERS....".
Secara harfiah dapat diartikan bahwa " Indonesia tidak akan pernah menjadi negara BESAR & MAKMUR, hal ini disebabkan mental rakyatnya hanya sebatas sebagai PEKERJA..... sebaliknya Amerika menjadi negara ADIDAYA & MAKMUR dikarenakan rakyatnya adalah para PEMIMPI."

Hati memang panas waktu itu bersama dengan ratusan peserta seminar yang kesemuanya adalah orang Indonesia, sedangkan Doug Weed satu-satunya orang Amerika. Mungkin dalam hati kami mengatakan waktu itu...gila berani bener nih bule menghina rakyat Indonesia......tapi itu hanyalah sisi negatif dari pikiran kami waktu itu.... (bersyukur para pesertanya adalah orang-orang berpikiran positif).

Setelah mendengarkan penjabaran panjang lebar berupa data-data, cerita dan fakta kami pun bisa memahami mengapa si bule berani menyampaikan kalimat diatas.

Ya, harus kita akui memang, apalagi melihat perubahan yang terjadi selama kurun waktu satu dekade (1997 -2007) bukanlah suatu perubahan yang membaggakan atau mungkin bisa dikatakan kemunduran terutama dalam hal mental.

Ya, sampai dengan saat ini negara kita masih berkutat pada perbaikan ekonomi, pemberantasan kemiskinan, swasembada pangan/beras (notabene sebagai negara agraris), masalah TKI di luar negeri yang semakin runyam (dianiaya, dibunuh, dicambuk, di pukulin aparat, diperkosa), masalah pengangguran yang semakin parah, kejahatan, bencana alam, para pejabat yang hati nuraninya sudah digondol hantu kekuasaan dan materi.

Ya, itu semua karena mental kita hanya sebatas mental pekerja, kalaupun berusaha untuk bermimpi ya sebatas mimpi doank alias impian kosong, angan-angan belaka atau orang bule bilang wishful thinking. Ada satu sih yang terwujud yaitu republik mimpi yang slogannya pun BBM alias Baru Bisa MIMPI....Jadi klop, pas apa yang disampaikan oleh Doug Weed sepuluh tahun yang lalu.

Beda sekali dengan Amerika yang sejak abad 18 sudah berani MIMPI dan telah mewujudkan ratusan mimpi-mimpi mereka menjadi kenyataan seperti mimpi pergi ke bulan (Neil Armstrong), mimpi bisa terbang (Wright Brothers), mimpi membuat siang jadi malam (Thomas Alfa Edison), mimpi bicara jarak jauh bahkan lintas negara (Alexander Graham Bell) dan masih banyak lagi.

Sementara negara-negara tetangga kita sudah mulai mewujudkan satu demi satu impian mereka seperti Malaysia, Singapura, Thailang dan Vietnam bahkan seperti Jepang & Korea telah mewujudkan impian mereka dan mengikuti jejak Amerika sebagai negara BESAR & MAKMUR, kembali lagi negara kita BARU BISA MIMPI....atau mungkin saja BARU BELAJAR MIMPI dan tempat mimpi kita baru di kasur yang bermuara di bantal.

Mungkin kalau kita membicarakan dalam konteks negara terlalu luas maka kita bisa mulai dari diri kita masing-masing sebagai individu. Orang bijak mengatakan Kalau individu-individu sukses maka keluarga juga SUKSES, kalau keluarga-keluarga SUKSES maka masyarakat juga SUKSES dan kalau masyarakat SUKSES akhirnya negara pun juga SUKSES (Maju & Makmur).

That's why, mulai sekarang mulailah bermimpi, berani untuk memiliki impian, bukan sekedar impian berupa anga-angan tetapi impian yang bisa dan akan diwujudkan menjadi menjadi kenyataan, bukan juga impian kecil sekedar sebagai pelipur lara tetapi impian BESAR, impian yang tinggi setinggi Bintang di Angkasa bahkan jika perlu setinggi langit ke tujuh.

You may say I'M A DREAMER....
but I'M NOT the ONLY ONE....
I Hope Someday You'll Join Us....
And....Indonesia will be BIG, PROSPER Country....

Semoga....


Tetap SEMANGAT & SUKSES!


EdySantoso

(Trainer & Motivator)

1 comment:

Ancient Clown said...

Blessings:

I too am a dreamer, and as I say; "my plans are my dreams". Yet, I would remind you that BIGGER does not mean BETTER. To GOD especially, quality is greater than quantity. Mercy triumphs over judgment.

Countries, such as the United States and Canada are nowhere near as great as they lay claim to being. In their quest for such things, they have actually walked all over and destroyed the rights of everyone and everything in their path.

The consequences of their actions means that only destruction awaits them. Not really something to strive for if you ask me.
your humble servant,
ancient clown

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.