Wednesday, April 18, 2007

Sekilas tentang NLP


Happy Tuesday!


Ada seorang anak muda bernama Richard Bandler di tahun 70-an yang memiliki sikap ingin tahu (curiousity). Sikap ingin tahu yang besar inilah yang kelak akan membawanya ke arah penemuan yang sangat fenomenal pada masa itu. Meskipun terdaftar sebagai mahasiswa jurusan matematika dan computer science, Bandler justru tertarik pada hal-hal yang berhubungan dengan terapi dan psikologi. Ada sebuah curiousity yang mengganggunya pada saat itu sebagai anak muda: "Apa sebenarnya yang paling dicari orang di muka bumi ini?"

Melalui pengamatan yang sangat komprehensif dan kontemplatif, akhirnya ditemukanlah jawabannya : CHANGE. Semua orang di dunia ini ingin berubah : menjadi lebih baik, lebih sehat, lebih kaya, menjadi langsing, menjadi orang tua, menjadi manajer, menjadi ulama, dsb. Pendek kata, secara universal semua orang ingin "berubah" sekecil apapun dalam bidang apapun.

Pertanyaan kedua, kalau semua orang ingin berubah, lalu "Siapa orang di muka bumi ini yang mampu mengubah orang dalam waktu yang sangat singkat?" Pertanyaan itu menggiringnya untuk bertemu dengan Fritz Perls, M.D,PhD, seorang ahli Gestaalt Therapy yang sangat kondang saat itu. Kemampuan dan kecepatan Perls dalam menangani kliennya sangat menakjubkan Bandler.

Pertanyaan ketiga muncul " Apa sebenarnya perbedaan yang membedakan antara orang yang luar biasa sukses dengan orang yang biasa-biasa saja?" Dalam kasus ini ia mempertanyakan 'perbedaan yang membedakan' Perls dengan terapis-terapis lainnya. Melalui pergumulan dengan Perls dan pengamatan yang sangat tajam, akhirnya Bandler menemukan jawabannya : ada pola-pola tertentu yang secara konsisten selalu dilakukan oleh orang-orang yang sukses.

Bandler terus bertanya pada dirinya sendiri: " Apakah dengan memakai pola yang sama, saya bisa menangani klien dengan hasil dan kecepatan yang sama pula?" Setelah mencoba berkali-kali dan melakukannya pada orang yang berbeda-beda, ternyata jawabannya adalah: YA!
Sangat senang dengan penemuan ini Bandler berpikir lebih jauh: "Apakah kalau saya mengajarkan pola ini kepada orang lain, kemudian orang itu menerapkannya kepada klien lain, hasil dan kecepatannya akan tetap sama?" Namun, masalahnya muncul: Bandler tidak mampu membuat kodifikasi dan sistematika dari temuannya ini agar mudah disampaikan kepada orang lain. Masalah ini membawanya berjumpa dengan John Grinder seorang doktor linguistik yang saat itu sedang mempersiapkan diri menjadi profesor di University of California, Santa Cruz. Dengan pengalamannya didunia militer serta petualangannya dengan suku-suku di pedalaman Afrika, mempelajari kebiasaan, bahasa serta interaksinya, Grinder memiliki keahlian istimewa dalam mencatat dan menjabarkan perilaku manusia. Hasil kolaborasi Bandler dan Grinder ini kemudian menghasilkan sebuah "MODEL" yang kelak diberi nama NLP (Neuro Linguistic Programming).


No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.