Monday, April 23, 2007

REFRAMING - Merubah Sudut Pandang II (NLP)

I Like Monday!

Alkisah hiduplah seorang petani di sebuah perkampungan miskin. Dia dikenal sangat cekatan. Dia memiliki seekor kuda yang sangat rupawan. Semua pekerjaannya dari mulai mencari kayu di hutan, menjualnya di kota dan seluruh keperluan transportasinya menjadi sangat efisien berkat kesigapan sang kuda. Suatu hari kudanya melarikan diri dari rumahnya. Seluruh tetangganya ikut prihatin dan datang menghibur, "Tentunya kamu sedih kehilangan kudamu!"
Petani balik bertanya: "Kok kamu tahu?"
Tiga hari kemudian kudanya kembali dan membawa dua ekor kuda liar. Seluruh tetangganya ikut bergembira dan menyalaminya, "Tentunya kamu bahagia karena kudamu kembali dan membawa dua ekor kuda."
Petani balik bertanya: "Kok kamu tahu?"
Sore harinya, anak lelakinya mencoba untuk menaiki salah satu dari kuda liar itu. Kuda itu melemparkannya ke tanah dan mematahkan kakinya. Seluruh tetangganya ikut bersedih dan datang menghibur, "Tentunya kamu sedih karena anakmu patah kakinya."
Petani balik bertanya, "Kok kamu tahu!"
Beberapa hari kemudian datang serombongan tentara menjemput anaknya untuk masuk wajib militer dan ketika melihat kaki si anak patah, mereka membebaskannya dari kewajibannya. Ketika tetangganya datang memberi komentar betapa bahagianya dia, si petani tetap balik bertanya, "Kok....?"
Filosofi dari cerita tersebut adalah : Arti dari sebuah kesedihan atau kebahagiaan tergantung dari sudut pandang mana orang melihatnya. Ketika sudut pandang berubah, berubah pula artinya. Mendapat dua kuda gratis, nampaknya merupakan hal yang membahagiakan, sampai orang memandangnya dari konteks patah kaki. Patah kaki nampaknya merupakan hal yang menyedihkan, namun dalam konteks wajib militer dan perang, tiba-tiba hal itu menjadi sesuatu yang membahagiakan.........Semoga Bermanfaat!
(Disadur dari buku "REFRAMING-Kunci Hidup Bahagia 24 Jam Sehari - R.H. Wiwoho)

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.