Wednesday, January 30, 2008

Melepaskan MASA LALU


BELAJAR, HIDUP dan MELIHAT :


"BELAJAR dari Masa Lalu TANPA Hidup Di sana, HIDUP Di Masa SEKARANG dengan Menangkap setiap saat yang vital setiap hari, dan MELIHAT Masa Depan dengan Harapan, Optimisme dan Keyakinan bahwa segalanya akan menjadi lebih baik."



"Tahukah Anda bagaimana penduduk asli lembah Amazon menangkap kera? Ternyata penduduk asli Amazon menggunakan sebutir kelapa, sebutir kacang, dan seutas tali. Salah satu sisi kelapa dilubangi agak besar dan didalamnya diletakkan sebutir kacang. Disisi yang satunya lagi kelapa itu diikat dengan tali. Kera akan terus mengejar karena ingin kelapa yang bergerak dan juga ingin kacang yang ada di dalamnya. Karena menggenggam kacang, tangannya tak dapat lagi ditariknya keluar karena kepalan tangannya lebih besar dari lubang kelapa. Kera itu kemudian dengan panik berusaha menyingkirkan kelapa dari tangannya dengan cara memukul-mukulkannya dan membentur-benturkan kelapa itu ke kepalanya. Tapi tetap tidak berhasil. Apakah kera itu melepaskan genggamannya yang berisi kacang? Tidak!... Akhirnya kera itu tertangkap dan melepaskan atau menyerahkan hidupnya, bukan kacangnya." (lihat gambar dibawah)


Ada berapa banyak kacang yang kita pegang terus? Ada berapa banyak kacang yang tidak kita lepaskan? Ada berapa banyak hal yang tidak berguna lagi dalam hidup dewasa ini yang terus kita pertahankan?

Ya, itulah gambaran kehidupan orang-orang yang mengharapkan untuk meraih kesuksesan akan tetapi selalu gagal karena tidak mau atau tidak memiliki kemauan atau tidak tahu bagaimana caranya melepaskan masa lalu mereka (tentunya yang bersifat menghambat/disempowering).

Apa yang terjadi dalam hidup kita sekarang merupakan akumulasi dari kejadian-kejadian di masa lalu. Kesuksesan maupun kegagalan sekecil apapun akan tertanam kuat di dalam memory kita, terutama hal-hal yang bersifat dramatis (menjadi juara dlm perlombaan, wisuda, pernikahan, promosi jabatan, dan hal-hal yang bersifat positif lainnya) maupun yang bersifat traumatis (child abuse, pemerkosaan, kecelakaan, penculikan, dan hal-hal yang bersifat negatif lainnya).

Masa lalu yang bersifat negatif itu harus dilepaskan kalau kita ingin berhasil, mengapa? Karena masa lalu yang bersifat negatif tersebut akan menjadi beban yang sangat berat dalam hidup kita dan menjadi disempowering believe (keyakinan yang melemahkan) Anda. Sebagai contoh, bagaimana seseorang bisa menjadi kaya kalau ia memiliki believe system bahwa ia keturunan BALUNG KERE alias TULANG ORANG MISKIN dan seumur hidup ya balung kere. Lalu apa tandanya bahwa kita masih terbelenggu/terikat dengan masa lalu? Sandy MacGregor mengatakan apabila kita mengingat masa lalu (yang negatif) dan kita menjadi sedih hati, menangis dan perasaan jadi tidak enak (ngga mood) berarti kita masih terikat dengan masa lalu tersebut.

Ibarat monyet dalam cerita diatas, satu-satunya cara untuk menjalan hidup dimasa sekarang dan mendapatkan apa yang kita inginkan di masa depan adalah dengan melepaskan masa lalu (yang negatif/menghambat/disempowering). Sebelum menciptakan masa depan yang lebih baik, kita harus melepaskan rasa sakit pada masa lalu kita. Kegagalan di masa lalu bukan berarti selamanya akan mengalami kegagalan. Belajar dari sejarah kita, dan jangan biarkan masa lalu menjadi penghalang antara kita dan impian/cita-cita kita.

Kalau kita mau membaca dan mempelajari orang-orang yang sukses hampir tidak mungkin tidak pernah mengalami kegagalan atau peristiwa yang menyakitkan di masa lalu. Seorang Bob Sadino yang sekarang kita kenal sebagai seorang pengusaha sukses, ternyata dulu pernah berjualan telur dari pintu ke pintu keliling komplek berdua dengan istrinya dan pernah menjadi seorang sopir taksi untuk bertahan hidup. Mengapa Bob Sadino bisa sukses? Karena ia melihat masa lalu sebagai sebuah proses belajar dan bertumbuh. Ada lagi kisah dari Bpk. Andrie Wongso yang tidak tamat sekolah dasar bisa menjadi seorang pembicara sukses, motivator no. 1 di Indonesia dan seorang pengusaha. Mengapa? Karena ia tidak mau melihat dan menjadikan masa lalunya sebagai penghambat justru masa lalunya yang kurang beruntung ia pergunakan sebagai pemicu semangat untuk terus belajar dan belajar serta menjadi inspirasi dan penyemangat buat orang lain. Bpk. Andrie Wongso tidak maul dengan latar belakangnya yang tidak lulus sekolah dasar, bahkan ia bangga dan mematenkan masa lalunya itu dengan julukan "SDTTTBS" alias Sekolah Dasar Tidak Tamat Tapi Bisa Sukses. Luar Bisa bukan?

Di Australia ada seorang pembicara sukses bernama Sandy MacGregor dimana pada masa lalunya (bulan Januari 1987) mengalami peristiwa tragis. Tiga orang putrinya di tembak mati oleh anak muda yang menderita kelainan jiwa. Awalnya ia sedih, tetapi ia bisa memilih untuk terus melanjutkan kehidupan dan meraih masa depan lebih baik. Yang akhirnya dari peristiwa tragis itulah ia belajar banyak hal dan mengantarkan dirinya menjadi seorang pembicara sukses.

"Lepaskanlah masa lalu Anda (yang negatif/menghambat/disempowering)

terlebih dahulu maka Anda telah siap menjalani kehidupan

dan meraih impian Anda di masa depan."

Tetap SEMANGAT & SUKSES!

EdySantoso

Trainer&Motivator

No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.