Friday, August 10, 2007

Seandainya OTAK bisa KUKURUYUK.....

Free Friday!





Ketika jam mendekati angka 12 siang terdengar bunyi yang tidak asing lagi dari tempat kesayangan kita yang tidak lain yaitu PERUT....kukuruyuuk....waduh gawat nih, cacingnya udah pada ngamuk, Temen di ruang sebelah teriak 'Mana nih OB...naga gue udah berontak nih.....OB....sini donk....'.

Ya, begitulah rutinitas dari si perut diantara keharusan 3x dalam sehari. Setiap mendekati jam makan (sarapan, makan siang, makan malam) selalu teriak, yang teriakannya lebih galak dari tukang sate padang yang selalu lewat di depan rumah saya. Saking bawelnya nih perut bahkan ada orang yang sangat memanjakannya, tepat jam 7 pagi udah nyabu (nyarap bubur...hehehe), saat di kantor jam 9.00 udah cepet-cepet pencet 258 tanya ada cemilan ga kemudian lanjut lagi jam 10.30 udah kelabakan nyari OB, kok belum ada yang nawarin beli makan siang sih, trus jam 4 sore teriak lagi 'tolong beliin roti bakar donk', pas giliran pulang kantor janjian dulu ketemu temen jam 7 sambil ngopi nyemil juga ah pake croisant or apa aja deh buat ngempanin si cacing or naga. Sampe rumah jam 10 udah disiapin makan malam sama istri, ngga enak bilang udah kenyang, ya ngunyah lagi (daripada ngga di kasih jatah...hehehe). Makanya di negeri orang bule sana ada beberapa istilah waktu makan;

Sarapan : Breakfast (jam 7am - 8am)
Sarapan ke-2 : Brunch (jam 10am - 11am)
Makan Siang : Lunch (12pm - 2pm)
Nongkrong : Afternoon Tea (2pm - 4pm) - katanya sih ngeteh tapi plus-plus juga
Makan Malam : Dinner (7pm - 9pm)
Setelahnya : Supper (Diatas jam 9pm)


Perut kita memang perlu diisi supaya tubuh memiliki energi/tenaga sehingga bisa melaksanakan
segala aktifitas. Seperti ulasan diatas terlihat bahwa selama hidup kita sangat concern dengan urusan makan minum berbagai jenis hanya untuk memuaskan rasa lapar PERUT kita yang ujung-ujung tiap pagi harus dibuang juga (ekh....ih bau). Tidak ada donk yang sayang 'wah jangan dibuang deh, khan ini hamburger, sate, pizza, donut, caviar, red wine...mahal bok...disimpen aja'. Ya, akhirnya segala yang kita makan akan kita buang juga dengan perasaan lega dan ikhlas.....ahhh lega...plong.


Bagaimana dengan OTAK kita? Mungkin sebagian besar dari kita lupa bahwa selain perut ada bagian tubuh lain yang juga memerlukan makanan yaitu OTAK. Sebenarnya dari kecil otak sudah mulai diberikan makanan yang namanya SEKOLAH (dari Play Group, TK, SD,SMP,SMU, PT,dsb). Tetapi bagaimana diluar sekolah atau selepas kita lulus dari sekolah?

Banyak orang beranggapan bahwa peran orang tua dan lingkungan sekitar sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan diri kita, memang benar tetapi kita tidak bisa serahkan sepenuhnya apalagi sekarang banyak sekali informasi dan kondisi yang justru bersifat negatif dan destruktif yaitu melalui media baik cetak maupun elektronik.

Kalau perut lapar tinggal kita cari makanan dan diisi beres, bagaimana dengan OTAK kita? Dan kapan OTAK kita memerlukan makanan (karena tidak bisa KUKURUYUK)?
Karena itu kita tidak perlu menunggu tanda-tanda kapan otak kita memerlukan makanan, setiap saat setiap memiliki kesempatan untuk memberi makanan kepada otak kita sebaiknya lakukan.
Pertanyaan berikutnya mungkin "Makanan seperti apa yang seharusnya kita berikan buat otak kita? Kalau disamakan dengan tubuh, yang diisi dengan makanan 4 sehat 5 sempurna sehingga tubuh menjadi sehat dan perut tidak sekedar kenyang maka begitu pula dengan otak kita. Kita harus isi otak kita dengan segala informasi, pengetahuan, keahlian, pengalaman yang POSITIF.
Pertanyaan berikutnya : "Darimana bisa kita dapatkan makanan 4 sehat 5 sempurna buat otak kita? Kita bisa lakukan dengan membaca buku-buku motivasi, cerita orang-orang yang sukses, pengembangan diri, berkumpul dengan orang-orang yang positif, dengan orang-orang yang sukses, mengikuti training pengembangan diri, motivasi, menghadiri seminar/workshop untuk pengembangan diri, motivasi, peningkatan keahlian, melakukan pekerjaan kita dengan sepenuh hati (mencintai apa yang kita kerjakan), menciptakan lingkungan yang positif, nyaman, menyenangkan dan memberikan keceriaan baik dimulai dari lingkungan keluarga kemudian tetangga, lingkungan kerja, di masyarakat dan seterusnya ke lingkungan yang lebih besar lagi.
Makanan 4 sehat 5 sempurna harus terus diberikan kepada otak kita. Kalau pada suatu saat kita merasa stress, tidak bersemangat, loyo, gampang marah, cemberut, dan semua PIKIRAN atau PERASAAN NEGATIF muncul berarti WARNING buat kita untuk segera mengisi otak dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Otak memang tidak bisa kukuruyuk tetapi dengan munculnya pikiran atau perasaan negatif merupakan sinyal yang diberikan kepada kita.
Semoga Bermanfaat....
Salam POSITIF!
EdySantoso
(Trainer&Motivator)


No comments:

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.