Monday, February 26, 2007

Motivasi Gunung Es


Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki yang biasa kita sebut dengan motivasi. Tapi sebelum itu kita bedah terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan motivasi. Motivasi berasal dari kata 'motive' yang menurut kamus berarti alasan untuk melakukan sesuatu/tindakan/action.


Alasan untuk melakukan sesuatu/tindakan/action atau kita sebut dengan 'MOTIVASI' setiap orang berbeda-beda. Dan ternyata apa yang sering kita dengar dari teman, saudara, partner, dan hampir semua orang tentan motivasi mereka hanyalah 10% dari keseluruhan motivasi yang mereka miliki, sedangkan 90% terpendam sangat dalam di lubuk hati mereka itulah kenapa saya menyebutnya sebagai 'Motivasi Gunung Es/Iceberg'. Banyak faktor yang membuat kita hanya mengungkapkan 10% dari motivasi kita.


Nah penyebabnya bisa kita kupas sebagai berikut :



  • MASA LALU kita sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sekarang, apa yang telah kita alami (pengalaman suka dan duka sebagai seorang anak balita, remaja, orang dewasa di lingkungan keluarga, masyarakat, pekerjaan, dll) akan membentuk PERSEPSI / Pandangan / Pola Pikir / Paradigma.


  • PERSEPSI kita sangat berpengaruh terhadap cara kita memandang dunia kita dan sekitarnya. Apakah dengan masa lalu kita tersebut kita menjadi orang yang memiliki PERSEPSI positif atau sebaliknya, yang pada akhirnya persepsi kita ini akan menghasilkan sebuah SIKAP.


  • SIKAP kita terhadap kehidupan apakah positif atau negatif sangat menentukan akan seperti apakah kehidupan kita nantinya, karena hal dengan SIKAP lah muncul keberanian atau justru ketakutan yang dapat terlihat dan dilihat oleh orang lain dengan sangat jelas yang akhirnya menjadi suatu MOTIVASI.


  • MOTIVASI akan muncul 10%,20%,50% atau 100% sangat tergantung dengan ketiga hal tersebut diatas. Itulah mengapa sebagian besar dari motivasi yang kita miliki hanya muncul dipermukaan 10% sedangkan 90% terpendam sangat dalam di lubuk hati kita masing-masing.

Tetapi kabar gembiranya adalah bahwa kita tidak perlu khawatir karena dalam kehidupan nyata telah terbukti bahwa banyak sekali orang-orang yang sukses luar biasa tetapi memiliki latar belakang yang kurang atau bahkan tidak menyenangkan.


Orang-orang yang sukses tidak melihat latar belakang mereka sebagai suatu hambatan tetapi justru sebagai sumber motivasi yang sangat kuat untuk berhasil.


Satu hal yang sangat ditekankan oleh orang-orang yang sukses adalah bahwa kita mesti merubah SIKAP kita dengan cara merubah terlebih dulu PERSEPSI yang kita miliki sehingga kita memiliki apa yang disebut dengan Sikap Mental Positif (SMP).


Orang-orang yang sukses menyadari bahwa mereka tidak bisa merubah masa lalu (latar belakang) tetapi sangat mungkin untuk merubah persepsi dan sikap mereka untuk kemudian dapat memiliki masa depan (latar depan) yang lebih baik. Semoga bermanfaat.


Edy Santoso (Trainer & Motivator)




2 comments:

Anonymous said...

Pak saya anak SMA sangat suka dengan Motivasi.
Kapan" kalo bisa kasih trainer Di SMA budi Mulia bogor donk!

Anonymous said...

Luar biasa!!
Hari-hariku menjadi ceria dan penuh semangat sejak mengunjungi situs ini, banyak manfaat yang bisa kita ambil dan pelajari.
Coba deh buka http://www.AndrieWongso.com
Portal Motivasi No.1 di Indonesia, diupdate setiap hari lho!

Edy Santoso K.S, CNLP

Edy Santoso K.S, CNLP
Founder &CEO

BREAK YOUR LIMIT!

Hancurkan Segala Hal Yang MEMBATASI Diri Anda MERAIH KESUKESAN! Hadir & DAPATKAN teknik serta tips untuk menghancurkan Mental Blok Anda secara efektif dalam seminar sehari "BREAK YOUR LIMIT!"

Outline Seminar :
- About Neuro Linguistic Programming (NLP)
- All About Your Brain
- The Law & Language of Subsconcious Mind
- Subsconcious Reprograming (Powerful SELF-TALK)
- Anchoring Yourself To Success
- Reach Your Goal with S.M.A.R.T.
- Visualize Yourself To SUCCESS!

Our Programs

Workshop

Merupakan program Classroom Training, yaitu pelatihan yang diselenggarakan didalam ruang kelas dengan metode Experiental Learning dimana 30% Teori dan 70% Praktek dan peserta terbatas (maksimal 30 orang).

Workshop

Seminar

Merupakan program khusus yang diselenggarakan dengan metode Attractive Communication dan Edutainment dimana peserta dalam jumlah besar (minimal 50 orang s.d. tidak terbatas).

Seminar

Seminar

Super Outbound Training

Merupakan program training yang diselenggarakan di luar ruangan dengan konsep Experiental Game Learning yang dipadu dengan Classroom Training akan meningkatkan produktifitas Anda maupun perusahaan Anda.

Super Outbound Training

Super Outbound Training

In-House Training

Merupakan program Training yang diselenggarakan berdasarkan undangan dari perusahaan/instansi, yayasan, organisasi maupun pribadi dengan materi yang telah disesuaikan (dibuat khusus) berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan (TNA).


Sandy MacGregor

Richard Bach

Rhonda Byrne

ZIG ZIGLAR

Patrick Ellys

Seminar

Seminar
The Secret of Motivation

Workshop

Workshop
SELLING with HEART

Followers

Lokasi Workshop/Seminar

Lokasi Workshop/Seminar
Hotel Ambhara - Jakarta

Keep The SPIRIT

Keep The SPIRIT
with 'mahaguru' NLP Drs.RH. Wiwoho,Msc

Stephen R. Covey
Powered by Blogger.