Selama 11 tahun dalam karir saya di sales, marketing dan manajemen, sering sekali dan sebagian besar para marketer ataupun karyawan dihadapkan pada satu situasi dimana mereka melakukan apa yang mereka suka bukan apa yang seharusnya mereka lakukan.
Memang dalam menjalankan pekerjaan apapun bidangnya, kita harus suka dengan pekerjaan tersebut. Karena sepertiga dari hidup, kita habiskan untuk bekerja, yang artinya kalau kita tidak suka dengan pekerjaan kita maka kita telah membuang sepertiga dari hidup kita. Betapa sangat disayangkan apabila hal tersebut terjadi. Suka terhadap pekerjaan kita berarti menjalankan pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati, all aout, 100% dan profesional.
Nah, dalam proses menjalankan pekerjaan tersebut, para marketer ataupun karyawan lebih banyak menggunakan waktu mereka untuk melakukan apa yang mereka suka misalnya bercanda, ngobrol, ngegosip, chating, browsing internet, ngakunya prospek tetapi malah jalan-jalan di mal, dan sebagainya. Hanya sedikit waktu yang benar-benar mereka pergunakan untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Dan pada saat diminta laporan pertanggung jawaban terhadap kinerja yang selama ini dijalankan, mereka telah menyiapkan berbagai macam alasan/dalih atas kegagalan mencapai target yang telah ditentukan perusahaan.
Agar kita tidak terjebak pada kondisi tersebut, yang harus dilakukan adalah :
1. Buat Rencana Kerja
Ada ungkapan dari salah satu tokoh dunia mengenai rencana yaitu "IF YOU FAIL TO PLAN... THEN YOUR PLAN WILL FAIL". Ungkapan tersebut menggambarkan betapa pentingnya sebuah rencana. Seorang Arsitek sebelum membangun rumah atau gedung maka ia akan membuat dulu cetak biru/blue print. Dan ia membangun berdasarkan cetak biru/blue print tersebut. Begitu pula kita, kalau kita bekerja tanpa membuat rencana terlebih dahulu, maka yang terjadi adalah kebingungan. Setiap hari kita tidak tahu apa yang harus dilakukan.
2. Lakukan Morning Review dan Afternoon Review
Sebelum melakukan aktifitas, luangkan waktu sekitar 10 Menit untuk membuat Morning Review terhadap kinerja hari sebelumnya dan rencana aktifitas untuk hari itu. Dengan melakukan Morning Review kita akan segera mengetahui dan dapat melihat apa saja yang telah kita lakukan dan sejauh mana keberhasilan yang telah kita capai serta secara detail bisa menerapkan rencana kerja satu hari tersebut. Pada sore harinya kita bisa melakukan Afternoon Review dengan melibatkan tim kita (leader(Supervisor/Manager) untuk melakukan analisa terhadap apa yang telah dilakukan pada hari itu apakah telah sesuai dengan rencana atau tidak.
Dengan membuat rencana kerja serta melakukan review, maka akan mengurangi volume keinginan untuk melakukan apa yang kita suka dan meningkatkan kinerja dengan melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Namun demikian membuat rencana kerja dan melakukan review tidaklah cukup, sebelum itu kita harus memiliki tujuan kerja/Goals yang jelas baru kemudian membuat rencana kerja sesuai dengan tujuan/goals tersebut.
Semoga Bermanfaat....
EdySantoso (Trainer&Motivator)
No comments:
Post a Comment